Beranda » Futsal Anak » Sering Remehkan Anak Bisa Buat Anak Minder? Ini Penyebab Anak Sering Tak Percaya Diri

Sering Remehkan Anak Bisa Buat Anak Minder? Ini Penyebab Anak Sering Tak Percaya Diri

Diposting pada 29/05/2022 oleh ◦ Dilihat: 41x ◦ Kategori: Futsal Anak

Bogorjunior.com – Mungkin beberapa orang tua sering melihat dan merasa kesal jika anak minder di hadapan publik dan di saat-saat yang tidak seharusnya. Tetapi, jangan salahkan anak anda jika mereka memiliki sifat minder atau sering tidak percaya diri, karena hal ini seringkali disebabkan dari cara mengasuh dan pendidikan karakter anak yang kurang tepat.

Ciri anak minder biasanya yaitu memiliki sifat yang pendiam, tidak pernah membuka diri, dan lebih suka berada di lingkungan yang sepi atau jauh dari banyak orang. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai faktor yang menyebabkan anak sering minder yang harus dihindari. Yuk, kita simak.

  1. Anak Minder Karena Terlalu Sering Dilarang

Penyebab anak minder yang pertama adalah sering melarang anak jika anak ingin melakukan sesuatu, terutama jika itu adalah yang disukainya. Misalnya jika anak ingin bermain dengan teman-temannya di waktu senggang, tetapi orang tua melarang dan mengekang perbuatan yang akan dilakukannya tersebut. 

Tentu saja dia akan merasa sangat tertekan, hal ini juga bisa mendorong anak untuk memiliki sifat tidak percaya diri dengan teman-temannya. Selain itu ia jadi sulit untuk berbaur dengan orang lain terutama seusianya. 

2. Melampiaskan Emosi Pada Anak Buat Anak Minder

Sering memarahi anak atau melampiaskan emosi kepada anak juga bisa membuat anak minder, lho. Amarah yang dikeluarkan kepada sang anak dapat menurunkan kepercayaan diri anak. Seperti contohnya yaitu ketika orang tua sedang mengalami konflik dalam keluarga, lalu melampiaskannya pada anak. Itu adalah sikap yang kurang tepat.

Dengan melampiaskan emosi kepada anak, hati anak akan merasa tersakiti, apalagi anak yang masih kecil. Mereka memiliki perasaan yang seharusnya diberi sikap lembut. Jika anak sudah sering dimarahi sejak kecil, dampaknya akan terjadi saat sudah tumbuh besar. Sifat pendiam dan menutup diri akan terus menggeluti dirinya jika tidak segera diatasi.

3. Meremehkan dan Mengabaikan Anak

Apa anda sering tidak menggubris atau hanya sekedar merespon singkat ketika anak menunjukkan karya gambar kepada anda? Nah, ini adalah salah satu penyebab anak minder. Anak akan merasa bahwa dirinya kurang diapresiasi, dan merasa bahwa usahanya sia-sia.

Jika sikap seperti ini terus-menerus dilakukan kepada anak, mereka akan kehilangan percaya diri, tidak semangat, dan selalu merasa kurang dengan apa yang dilakukannya itu. Mungkin anda bisa memberinya banyak pujian dan memotivasinya agar kepercayaan dirinya meningkat.

Itu adalah beberapa faktor yang seringkali menyebabkan anak minder atau kekurangan percaya diri. Sifat seperti ini harus segera diatasi sedini mungkin karena dengan itu, bisa saja anak akan kesulitan dalam melakukan apapun di masa depan nanti, terutama saat ia sudah menginjak masa dewasa atau saat masuk dunia kerja. Yang mereka butuhkan adalah support system khususnya dari keluarga sendiri.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Sering Remehkan Anak Bisa Buat Anak Minder? Ini Penyebab Anak Sering Tak Percaya Diri

Artikel Lainnya

8. Perkembangan anak dan remaja
Ini Dia Tips-Tips Mendukung Perkembangan Anak dan Remaja
Diposting pada 10/03/2023 oleh

Bogorjunior.com – Masa kanak-kanak dan remaja merupakan masa yang memerlukan perhatian lebih dari Anda sebagai orang tua. Pada masa ini, anak-anak dan remaja menyimpan dan memproses informasi ba...

8.-klub-bola-bogor
Klub  Bola Bogor Salah Satu Klub Olahraga Yang  Banyak Diminati Anak &  Remaja Bogor
Diposting pada 23/10/2023 oleh

Bogorjunior.com – Semakin maraknya  kembali perkembangan olahraga sepakbola,  pada akhirnya berdampak positif bagi anak dan remaja dalam memilih aktivitas olahraga saat  ini. Dima...

WhatsApp Image 2024-01-23 at 1.15.54 PM
Bosan Lihat Anak Cuma Main Gadget? Coba Trik Permainan Imajinatif Ini, Dijamin Beda! 
Diposting pada 23/01/2024 oleh

Bogorjunior.com – Pernah nggak sih, kamu merasa bingung dan sedikit frustrasi lihat anak-anak terus-terusan main gadget? Di era digital ini, tantangan untuk menyibukkan anak dengan aktivitas yan...

DALL·E 2024-04-18 09.40.51 – A cinematic image depicting the concept of nature as the best teacher for children, inspired by ‘Bored with Classroom Learning_ How Nature Can Be the
Bosan dengan Pembelajaran di Kelas? Bagaimana Alam Bisa Menjadi Guru Terbaik untuk Anak Anda!
Diposting pada 18/04/2024 oleh

Bogorjunior.com – Dalam dunia pendidikan yang semakin dinamis, banyak orang tua dan pendidik mencari cara alternatif untuk memperkaya pengalaman belajar anak-anak. Salah satu cara yang terbukti ...

Komentar (0)

Saat ini belum tersedia komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi

*

*

Sering Remehkan Anak Bisa Buat Anak Minder? Ini Penyebab Anak Sering Tak Percaya Diri

Jelajahi Produk Kami

Temukan semua yang Anda butuhkan di sini! Dari perlengkapan futsal hingga makanan dan minuman kesehatan, kategori produk kami memudahkan Anda menemukan barang yang Anda cari. Klik setiap kategori untuk menjelajahi lebih lanjut:

  • Perlengkapan Futsal: Sepatu, bola, pakaian, dan aksesoris.
  • Makanan Sehat: Snack sehat, makanan organik, dan lebih banyak lagi.
  • Minuman Kesehatan: Minuman energi, jus segar, suplemen, dan lainnya.

Produk Terlaris

Produk Terlaris Minggu Ini

Jangan lewatkan produk-produk favorit yang paling banyak dibeli oleh pelanggan kami. Cek produk terlaris minggu ini dan temukan apa yang membuat mereka begitu populer:

  • Sepatu Futsal Xtreme Pro: Desain ergonomis dan bahan berkualitas tinggi untuk performa maksimal.
  • Snack Bar Protein Choco: Camilan sehat yang lezat dan mengenyangkan, cocok untuk energi sepanjang hari.
  • Minuman Energi BoostUp: Dapatkan energi instan dan tetap bugar dengan rasa yang menyegarkan. Lihat produk terlaris lainnya dan ikuti tren pilihan para pelanggan di Bogor Junior!

Testimoni Pelanggan

Apa Kata Pelanggan Kami?

Simak apa yang pelanggan setia kami katakan tentang produk dan layanan kami:

  • Rina, 34: “Perlengkapan futsal di Bogor Junior sangat berkualitas. Anak saya sangat suka!”
  • Andi, 28: “Snack sehatnya enak dan bikin kenyang. Saya merasa lebih bugar setiap hari!”
  • Lisa, 42: “Pelayanan pelanggan yang ramah dan pengiriman cepat. Pasti akan belanja lagi!” Bagikan pengalaman Anda dan lihat lebih banyak testimoni dari pelanggan kami.
Dyah
● online
Halo, perkenalkan nama saya Dyah
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja