Beranda » Futsal Anak » Berikut Tips Mengatasi Anak Susah Fokus yang Bisa Anda Coba

Berikut Tips Mengatasi Anak Susah Fokus yang Bisa Anda Coba

Diposting pada 29/05/2022 oleh ◦ Dilihat: 36x ◦ Kategori: Futsal Anak

Bogorjunior.com – Fokus yang ada dalam diri anak berkaitan dengan tingkat konsentrasi berpikir anak saat mereka sedang melakukan sesuatu, contoh sederhananya seperti belajar. Terkadang ada banyak anak susah fokus disebabkan beberapa hal, seperti banyak hal lain yang dipikirkannya saat itu, contohnya yakni bermain, serial kartun, musik, dan lain-lain.

Pendidikan karakter anak juga dibutuhkan dalam meningkatkan konsentrasi anak. Sangat penting untuk menjaga tingkat fokus yang ada pada anak. Dengan memiliki fokus yang baik, tentu akan memudahkan anak dalam melakukan tugas atau beberapa tugas sekaligus. Anak yang tidak pernah bisa fokus memang mengkhawatirkan. Tetapi tenang, di bawah ini ada tips untuk mengatasi anak yang sulit fokus.

  1. Atasi Anak Susah Fokus dengan Menyingkirkan Gangguan

Gangguan yang dimaksud dalam poin ini adalah sesuatu yang sering membuat anak menjadi ter-distract seperti gadget, mainan, televisi, dan lain-lain. Orang tua pasti sangat tahu bahwa perhatian anak mudah sekali teralihkan jika ada sesuatu yang mereka sukai di sekitar mereka. Dan itu merupakan salah satu penyebab anak susah fokus.

Maka dari itu, mungkin anda sebagai orang tua bisa mengurangi atau menyingkirkan semua yang bisa mengalihkan perhatiannya pada saat anda menyuruhnya melakukan tugasnya, seperti belajar, atau melakukan pekerjaan rumah yang ringan dan sederhana untuknya.

2. Lakukan Aktivitas Berupa Fisik Dengan Anak

Sering-seringlah melakukan olahraga anak ataupun aktivitas fisik lainnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir pada anak. Olahraga ringan bisa membuatnya lebih sehat dan bugar, apalagi anak kecil sedang semangat-semangatnya dalam mengeluarkan energi. Jika ia sudah biasa berolahraga, maka kemampuan untuk konsentrasi akan meningkat seiring berjalannya waktu.

3. Mengelompokkan Jenis Tugas Untuknya

Saat menyuruhnya melakukan tugas sekolah misalnya, seringkali anak susah fokus belajar karena tidak adanya pembagian atau pengelompokkan tugas menjadi sesuatu yang sederhana. Sehingga ia berpikir bahwa ia harus mengerjakan banyak hal di waktu yang bersamaan, dan ia tak akan memiliki waktu yang cukup untuk itu. Cobalah untuk membagi pekerjaan besar ke kelompok kecil agar ia bisa lebih fokus.

4. Ubah Kebiasaan Anak Susah Fokus dengan Permainan Penuh Konsentrasi

Mungkin salah satu sebab anak susah fokus adalah bermain game. Tetapi pada poin keempat ini, anda sebagai orang tua tetap bisa memberinya waktu untuk bermain, tetapi permainan yang dimaksud adalah permainan yang meningkatkan fokus anak. Contohnya seperti permainan mencari barang, melawan musuh, dan lain sebagainya.

5. Memberi Anak Tugas Rutin 

Anda bisa mengatasi anak yang sulit fokus dengan memberinya tugas yang rutin dilakukan setiap hari padanya. Ini bisa berkaitan dengan aktivitas sehari-hari anak, contohnya seperti menyuruhnya mengelompokkan buku sekolah sesuai dengan ukurannya, menata baju sesuai warna, menggambar sesuatu sesuai dengan tema, dan masih banyak lagi.

Tips di atas dapat dengan mudah anda praktekkan jika anak susah fokus melakukan sesuatu. Jangan khawatir, masalah ini dapat diatasi dan dihilangkan dari diri sang anak jika anak sudah terbiasa dilatih tingkat konsentrasinya.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Berikut Tips Mengatasi Anak Susah Fokus yang Bisa Anda Coba

Artikel Lainnya

Artikel Pilar 1. Kepribadian Anak
Olahraga Futsal Membantu Membentuk Kualitas Karakter dan Kepribadian Anak
Diposting pada 17/05/2022 oleh

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh anak dengan berlatih futsal anak, bukan hanya dari kemampuan dalam bermain bola yang baik, tetapi juga mendidik mereka dalam hal karakter dan kep...

5. anak main bola
Cara Jitu Orang Tua Mengajari Anak Main Bola
Diposting pada 06/06/2022 oleh

Bogorjunior.com – Mengajari anak main bola merupakan suatu hal positif yang memiliki banyak bermanfaat. Selain untuk menjaga Kesehatan anak, mengajari anak untuk bermain bola juga bisa menjadika...

WhatsApp Image 2024-01-25 at 9.30.43 AM
Sulit Ajarkan Anak Berbagi Mainan? Coba Trik Jitu Ini, Dijamin Ampuh!
Diposting pada 25/01/2024 oleh

Bogorjunior.com – Hey para orang tua, pernah gak sih merasa pusing karena anakmu susah diajak berbagi mainan? Tenang aja, kamu gak sendirian kok. Tapi, tau gak sih, mengajarkan anak berbagi itu ...

3. futsal bogor
Sekolah Futsal untuk Anak Terbaik Di Bogor
Diposting pada 23/05/2022 oleh

Belakangan ini para orang tua mulai melihat bakat anaknya sejak berusia dini, jika dibandingkan tempo dulu para orang tua masih sulit mencarikan wadah untuk mengembangkan bakat anaknya selain hanya pe...

Komentar (0)

Saat ini belum tersedia komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi

*

*

Berikut Tips Mengatasi Anak Susah Fokus yang Bisa Anda Coba

Jelajahi Produk Kami

Temukan semua yang Anda butuhkan di sini! Dari perlengkapan futsal hingga makanan dan minuman kesehatan, kategori produk kami memudahkan Anda menemukan barang yang Anda cari. Klik setiap kategori untuk menjelajahi lebih lanjut:

  • Perlengkapan Futsal: Sepatu, bola, pakaian, dan aksesoris.
  • Makanan Sehat: Snack sehat, makanan organik, dan lebih banyak lagi.
  • Minuman Kesehatan: Minuman energi, jus segar, suplemen, dan lainnya.

Produk Terlaris

Produk Terlaris Minggu Ini

Jangan lewatkan produk-produk favorit yang paling banyak dibeli oleh pelanggan kami. Cek produk terlaris minggu ini dan temukan apa yang membuat mereka begitu populer:

  • Sepatu Futsal Xtreme Pro: Desain ergonomis dan bahan berkualitas tinggi untuk performa maksimal.
  • Snack Bar Protein Choco: Camilan sehat yang lezat dan mengenyangkan, cocok untuk energi sepanjang hari.
  • Minuman Energi BoostUp: Dapatkan energi instan dan tetap bugar dengan rasa yang menyegarkan. Lihat produk terlaris lainnya dan ikuti tren pilihan para pelanggan di Bogor Junior!

Testimoni Pelanggan

Apa Kata Pelanggan Kami?

Simak apa yang pelanggan setia kami katakan tentang produk dan layanan kami:

  • Rina, 34: “Perlengkapan futsal di Bogor Junior sangat berkualitas. Anak saya sangat suka!”
  • Andi, 28: “Snack sehatnya enak dan bikin kenyang. Saya merasa lebih bugar setiap hari!”
  • Lisa, 42: “Pelayanan pelanggan yang ramah dan pengiriman cepat. Pasti akan belanja lagi!” Bagikan pengalaman Anda dan lihat lebih banyak testimoni dari pelanggan kami.
Dyah
● online
Halo, perkenalkan nama saya Dyah
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja